KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR Oleh : HAMID DARMADI
KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR DITANDAI DENGAN :
1. KEMAMPUAN AKADEMIS DAN
2. KEMAMPUAN NON AKADEMIS
KEMAMPUAN AKADEMIS TERDIRI DARI
1. MEMILIKI SERTIFIKASI MENGAJAR
2. MENGUASAI MATERI PEMBELAJARAN
3. MENGG/MENGEMB. METODOLOGI, MEDIA & SUMBER BELAJAR
4. AHLI MENYUSUN PROGRAM
5. MENILAI/MENGEVALUASI PEMBELAJARAN
6. MAMPU MEMBERDAYAKAN SISWA
7. KESESUAIAN DISIPLIN ILMU YANG DIMILIKI DENGAN TUGAS
8. MEMILIKI PENGALAMAN MENGAJAR
9. MENGIKUTI TRAINING,WORK SHOP,PELATIHAN,PENATARAN DLL.
10. INOVATIF DAN PRO AKTIF
11. SENANG MENCARI INFORMASI BARU
12. SENANG MEMBACA DAN MENAMABAH PENGETAHUAN
KEMAMPUAN NON AKADEMIS
1. MENGUASAI PARADIGMA BARU PENDIDIKAN
2. TIDAK BUTA TEKNOLOGI
3. MEMILIKI PERSIAPAN MENGAJAR TERTULIS
4. MEMILIKI PERSIAPAN MENGAJAR TIDAK TERTULIS
5. MEMILIKI KEMATANGAN EMOSI
6. DAPAT BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK
7. CERIA, GEMAR MEMBANTU SESAMA
8. BERSIKAP TOLERANSI
9. BERSIKAP SEDERHANA
10. TIDAK SOMBONG
11. MEMILIKI IMAN & TAQWA SEIMBANG DUNIA & AKHIRAT
CIRI-CIRI GIRU YANG MEMILIKI KDM (Thomas 1997) :
1. Mampu Menciptakan Interpersonal, Dalam Bentuk Emphaty, Pengharga-an dan Ketulusan Kepada Siswa
2. Memiliki Hubungan Baik dengan Siswa
3. Menerima, Mengakui dan Memperhatikan Siswa Secara Tulus
4. Menunjukkan Minat dan Antosias yang tinggi dalam mengajar
5. Menciptakan kerjasama Yang harmonis dalam kelompok.
6. Melibatkan siswa dalam mengorganisasikan dan merencanakan kegiat- an pembelajaran
7. Mendengarkan dan memberi kesempatan kepada siswa untuk berbicara/ Mengemukakan pendapat
8. Meminimalkan friksi-friksi di kelas.
GURU YANG SUKSES MENGAJAR (Bell 1993:37) :
1. Memiliki POWER WITH
yaitu guru yang senantiasa dapat bekerjasama dengan siswa
(kolaboratif). Guru model ini senang memotivasi dan memimbing siswa
untuk mencapai tujuan pembelajar-an tanpa pamrih.
2. Memiliki POWER FOR yaitu guru yang selalu berpikir untuk kepentingan proses belajar-mengajar (rela berkorban)
GURU YANG GAGAL MENGAJAR (Bell 1993:37) :
1. Guru yang POWER ON yaitu guru yang selalu menganggap dirinya lebih pandai dan tahu segala-galanya. Guru
jenis ini tidak bersedia disalahkan, melainkan ia selalu menganggap
dirinya benar dan selalu ingin berada distas kapan dan dimana saja.
2. Guru yang POWER OFF yaitu guru yang tidak mau ambil peduli dengan kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.
GURU YANG PROFESIONAL MEMILIKI :
1. Kemampuan profesional (profesional capacity)
2. Upaya profesional (profesional Effort)
3. Waktu yang disediakan untuk kegiatan profesional (time devotion)
4. Imbalan atas hasil kerjanya (profesional rent)
KRITERIA PROFESI KDM : (Hasan Walinono 1985:5) :
1. Mengembangkan kepribadian
2. Menguasai landasan kependidikan
3. Menguasai Materi/bahan pelajaran
4. Menyusun program pengajaran
5. Melaksanakan program pengajaran
6. Menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan
7. Menyelenggarakan program bimbingan
8. Menyelenggarakan administrasi pendidikan
9. Berintegrasi/berinteraksi dengan teman sejawat/kalangan pendidikan dan masyarakat.
10. Menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran.
KDM dijabarkan dalam bentuk konkrit. :
1. PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN :
(1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (2) Berjiwa Pancasila,
(3) Menghargai seni budaya sendiri, (4) Disiplin, (5) Kreatif dan
inisiatif (6) Memiliki gagasan yang baik, (7) Rendah hati dan
terbuka, (8) Memiliki cinta kasih yang tinggi (9) Tidak mudah putus asa,
10)Proaktif mencari IPTEK, 11)Inovatif.
2. MENGUASAI LANDASAN KEPENDIDIKAN
: (1) Mengenal tujuan pendidikan pada satuan pendidikan yang
bersangkutan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, (2) Mengenal
prinsip-prinsip pendidikan yang dapat dimanfaatkan dalam proses belajar
mengajar, (3) Mengenal fungsi satuan pendidikan dalam masyarakat.
3. MENGUASAI MATERI PELAJARAN
: (1) Menguasai bahan pelajaran kurikulum satuan pelajaran yang
bersangkutan, (2) Menguasai bahan pengayaan, (3) Menguasai sumber
lingkungan yang dimanfaatkan sebagai bahan pengajaran.
4. MENYUSUN PROGRAM PENGAJARAN
(1) Menetapkan tujuan pengajaran, (2) Memilih dan pengembangkan bahan
pengajaran, (3) Memilih dan mengembangkan media pengajaran yang sesuai,
(4) Memilih dan memanfaatkan sumber belajar.
5. MELAKSANAKAN PROGRAM PENGAJARAN
: (1) Menciptakan iklim belajar mengajar yang tepat, (2) Mengatur
lingkungan ruang belajar, (3) Mengelola interaksi belajar mengajar.
6. MENILAI HASIL PROSES PEMBELAJARAN yang
telah dilaksanakan : (1) Menilai prestasi murid untuk kepentingan
pengajaran, (2) Menilai hasil proses belajar mengajar yang telah
dilaksanakan.
7. MENYELENGGARAKAN PROGRAM BIMBINGAN :
(1) Membimbing siswa yang mengalami kesulitan belajar, (2)Membimbing
siswa yang berkelainan dan berbakat khusus, (3)Membina wawasan siswa
untuk menghargai berbagai pekerjaan di masyarakat.
8. MENYELENGGARAKAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN : (1) Mengenal administrasi kegiatan pendidikan, (2) Melaksanakan kegiatan administrasi kegiatan pendidikan. Kesembilan,
berintegrasi/berinteraksi dengan teman sejawat/kalangan pendidik dan
masyarakat, (2) Berinteraksi dengan masyarakat dalam rangka menunaikan
misi pendidikan.
9. BERINTERAKSI/BERKOMUNIKASI
: 1)Dengan Teman Sejawat/Kolega, 2)Dengan Kalangan Pendidik, 3)Dengan
Pemuka/Tokoh Masyarakat, 4)Dengan Atasan Institusi, 5)Dengan Pejabat
Pemerintah.
10. MELAKUKAN PENELITIAN : 1)Melakukan
Penelitian di lingkungan sendiri/sekolah, 2)Melakukan Penelitian Ke
Luar lingkungan, 3)Menulis Buku Ajar, 3)Menulis Artikel, 4)Menulis di
Mass Media, 5)Menulis Makalah, 6)Menyajikan/Nara Sumber Seminar, dll
KDM PERLU MEMAHAMI “KODE ETIK GURU INDONESIA” :
1. BERBAKTI MEMBIMBING ANAK DIDIK SEUTUHNYA untuk membentuk manusia pembangunan yang ber-Pancasila.
a. Guru menghormati hak individu, Agama dan keperccayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dari anak didiknya masing-masing.
b. Guru menghormati dan membimbing kepribadian anak didiknya.
c. Guru menyadari bahwa Intelegensi, Moral dan jasmani adalah tujuan utama pendidikan.
d. Guru
melatih anak didik memecahkan masalah-masalah dan membina daya
kreasinya agar dapat menunjang masyarakat yang sedang membangun.
e. Guru
membantu sekolah didalam usaha
menanamkan
pengetahuan keterampilan kepada anak didik.
f. Guru
memiliki kejuruan profesional dalam
menerapkan Kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak
didik masing-masing
g. Menghargai dan memperhatikan perbedaan dan kebutuhan anak didik masing-maasing.
h. Guru hendaknya fleksibeldidalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didiknya masing-masing.
i. Guru
memberi pelajaran di dalam dan luar sekolah berdasarkan kurikulum dan
berlaku secara baik tanpa membeda-bedakan jenis dan posisi sosial orang
tua muridnya.
2. MENGADAKAN KOMUNIKASI,
terutama dalam memperoleh informasi, tentang
anak didik tetapi menghindarkan diri segala bentuk penyalahgunaan.
a. Komunikasi guru dan anak didik di dalam dan luar sekolah dilandaskan pada rasa kasih sayang.
b. Untuk berhasilnya pendidikan, guru harus mengetahui kepribadian anak dan latar belakang or tuanya.
c. Komunikasi hanya diadakan semata-mata untuk kepentingan
pendidikan anak-anak didik.
3. MENCIPTAKAN SUASANA MENYENANGKAN/KONDUSIF sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid dengan sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
a. Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah sehingga anak didik betah berada dan belajar di sekolah
b. Guru
menciptakan hubungan baik dengan orang tua sehingga dapat terjalin
pertukaran informasi timbal balik untuk kepentingan anak didik.
c. Guru
senantiasa menerima dengan dada lapang setiap kritik membangun
yang disampaikan orang tua murid/masyarakat terhadap kehidupan
sekolahnya.
d. Guru turut bersama-sama masyarakat sekitarnya di dalam berbagai aktivitas.
e. Guru
mengusahakan terciptanya kerjasama yang sebaik-baiknya antara sekolah,
orang tua murid, dan masyarakat bagi kesempatan usaha pendidikan atas
dasar kesadaran bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab bedrsamaantara
pemerintah, orang tua murid dan masyarakat.
4. MEMELIHARA HUBUNGAN BAIK DENGAN MASYARAKAT di sekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
a. Guru memperluas pengetahuan masyarakat mengenai profesi keguruan.
b. Guru
menyebarkan dan turut merumuskan program pendidikan kepada dan dengan
masyarakat sekitarnya, sehingga sekolah tersebut berfungsi sebagai
puasat pembinaan dan pengembangan kebudayaan di tempat itu.
c. Guru harus berperan agar dirinya dan sekolahnya dapat berfungsi sebagai pembaharu bagi kehidupan dan kemajuan daerahnya.
5. SECARA SENDIRI/BERSAMA MENINGKATKAN MUTU PROFESI :
a. Guru melanjutkan studinya dengan :
1. Membaca buku-buku
2. mengikuti workshop/seminar, konfrensi dan pertemuanpertemuan pendidikan dan keilmuan lainnya.
3. Mengikuti penataran
4. Mengadakan kegiatan-kegiatan penelitian.
5. Guru selalu berbicara, bersikap dan bertindak sesuai dengan martabat profesinya.
6. Guru
menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru baik
berdasarkan lingkungan kerja maupun di dalam hubungan
keseluruhan.
7. Guru
senantiasa saling bertukar informasi, pendapat, saling menasehati dan
membentu satu sama lain, baik dalam hubungan pribadi maupun dalam
penunaian tugas profesi.
8. Guru
tidak melaksanakan tindakan-tindakan yang merugikan nama baik
rekan-rekan seprofesinya dan menunjang martabat guru, baik secara
pribadi maupun secara keseluruhan.
9. Guru
secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkat-kan
organisasi guru profesional sebagai sarana pengabdiannya.
10. Guru menjadi anggota dan membantu organisasi guru yang bermaksud membina frofesi dan pendidikan pada umumnya.
11. Guru senantiasa berusaha menciptakan persatuan diantara sesama pengabdi pendidikan.
12. Guru
senantiasa berusaha membantu menyebarkan kebijaksanaan dan program
pemerintah dalam bidang pendidikan kepada orang tua murid dan masyarakat
sekitarnya.
13. Guru
berusaha menunjang terciptanya kepemimpinan pendidikan di lingkungan
atau di daerahnya sebaik-baiknya individu maupun untuk kelompok.
GURU SEBAGAI PENDIDIK :
1. wajib
menemukan pembawaan yang ada pada anak didik yang ada, dengan jalan :
observasi, wawancara, pergaulan, angket dan sebagainya.
2. wajib
berusaha menolong anak didik dalam perkembangannya. agar pembawaan
buruk tidak berkembang dan sebaliknya pembawaan baik terus berkembang
dengan subur mendekati puncak kemungkinannya, dengan menyiapkan lingkuan
yang di perlukan.
3. wajib
menyajikan jalan yang terbaik dan menunjukkan arah perkembang-an yang
tepat. Pendidikan sebagai orang yang berpenga-laman mampu melaksakan hal
ini berhubungan ia sudah mengalami liku-likunya jalan dan mengetahui
sesatnya jalan yang menimbulkan tidak tercapainya tujuan yang
diinginkan. Cabang pekerjaan yang telah di pilihnya sebagai pendidik
tidak saja di pandang sebagai sumber nafkah melainkan juga sebagai
tempat tempat pengabdian kepada Nusa,bangsa dan Tuhan.
4. wajib
setiap waktu mengadakan evaluasi untuk mengetahui apakah perkembangan
anak didik dalam usaha mencapai tujuan pendidikan sudah berjalan seperti
yang diharapkan.
5. Ia
wajip memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada anak didik pada waktu
mereka menghadapi kesulitan denan cara yang sesuai dengan kemampuan anak
didik dan tujuan yang akan dicapai.
6. Dalam
menjalankan tugasnya, pendidik wajib selalu ingat bahwa anak sendirilah
yang berkembang berdasarkan bakat yang ada padanya, namun mengembangkan
bakat yang tidak ada padanya. Ia hanya dapat mempengaruhi situasi, agar
anak agar anak dalam situasi yang baik dapat berkembangan dengan lebih
cepat tidak sesat dan tidak membahayakan kelangsungan perkembangannya.
Itulah yang dimaksud oleh Ki Hajar Dewantara bahwa mendidik adalah
tutwuri handayani. Artinya :Tutwuri atau mengikuti anak berkembang
sendiri dengan jalan sendiri dan andayani atau mempengaruhi agar
perkembangan jalan lebih pesa, apabila ada bahaya yang menimpa dapat
diakhirinya.
7. Pendidikan
senatiasa mengadakan penilaian atas diri sendiri untuk mengetahui
apakah ada hal-hal tertentu dalam diri pribadinya yang harus mendapatkan
perbaikan. Satu prinsip penting untuk melaksanakan pendidikan adalah
bahwa pendidik harus sudah memeliki norma-norma yang ingin di serahkan
kepada anak didik. hal ini sudah dibahas dalam bab v tentang
kewibawaan dan tanggung jawab pendidik, karenanya tidak akan di ulangi
lagi disini. yang perlukan di tegaskan di sini adalah pendidik mutlak
harus memiliki norma-norma yang akan dipindahkan, termasuk menguasai isi
atau bahan pendidikan yang akan disampaikan kepada anak didik agar
dengan demikian kewibawaan yang dipersyaratkan dalam kegitan pendidikan
dapat diwujudkan.
8. Memilih
metode atau teknik penyajian yang tidak saja di sesuaikan dengan bahan
atau isi pendidikan yang akan disampaikan tetapi juga disesuaikan dengan
kondisi anak didiknya. Hanya bila di lakukan pemilihn metode atau
teknik penyajian dengan cara yang demikian, kegiatan pendidikan yang
dijalankan akan menjadi pengalaman yang disenanngi oleh anak didik dan
ini merupakan landasan untuk keberhasilan usaha pendidikan tersebut.
Oleh karena anak didik berbeda-beda sifatnya maka akibatnya penggunaan
yang hanya satu macam seperti metode ceramah saja, sudah jelas dari
sudut pertimbangan ini adalah tidak memadai dan karena itu bila
dilaksanakan juga tidak akan memberi manfaat banyak di dalam
rangka mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.
Anak Didik
Yang
dimaksud dengan anak didik disini adalah anak yang belum dewasa yang
memerlukan bibingan dan pertolongan dari orang lain yang sudah dewasa,
guna dapat melaksanakan tugasnya sebagai mahluk Tuhan, sebagai suatu
pribadi atau individu sendiri.
ISI KURIKULUM (core curriculum content) :
1. Isi kurikulum yang berkaitan dengan KDM (Basic Teacing skils)
seperti kemampuan membaca (menyerap informasi melalui bahan bacaan
secara tepat), berhitung (berlatih untuk memahami logika angka dan
ruang), menulis (menuangkan gagasan melalui tulisan atau lisan),
mendengar dan menyimak (menyerap informasi melalui pengamatan dan
pendengar-an), sertra mengenal permasalahan lingkungan agar dapat
berlatih untuk memecahkan masalahnya.
2. Isi kurikulum yang berkaitan dengan substansi belajar (basic leaning contents)
seperti pengetahuan, wawasan, nilai, sikap, dan keterampilan.
Konten pelajaran tidak perlu harus disampaikan melalui kuliah atau
ceramah karena perolehan pengetahuan bisa dilakukan melalui kegiatan
membaca buku-buku pelajaran, manual, pengumuman, berita, serta
pengamatan masalah di lapangan serta melalui mess media. Informasi yang
diperoleh peserta didik selanjutnya ditelaah (reviewed) dan dijelaskan dengan konsep ilmu pengetahuan bersama guru dalam diskusi di kelas.
KRITERIA UKURAN KEBERHASILAN MENGAJAR :
1. Konsistensi kegiatan belajar mengajar dengan kurikulum;
2. Keterlaksanaan mengajar oleh guru;
3. Keterlaksanaan belajar oleh siswa;
4. Motivasi belajar;
5. Aktivitas Siswa dalam kegiatan belajar;
6. Interaksi guru siswa;
7. Kemampuan/keterampilan guru mengajar;
8. Prestasi belajar yang di capai oleh siswa;
SYARAT-SYARAT KEMAMPUAN GURU Antara lain :
1. Pengetahuan (knowledge) di bidang tertentu terutama di bidang keguruan dan pendidikan baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus.
2. Keterampilan (Skill) di bidang keguruan sehingga mampu memimpin /menguasai kelasnya secara efektif
3. Kemampuan Menilai/mengevaaluasi (Evaluation) sehingga
gurau mampu menilai/mengevaluasi sejauh mana materi pellajaran telah
disampaikan dan sejauh mana siswa mampu menguasai materi pelajaran itu.
SYARAT-SYARAT KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR PROFESIONAL :
1. Persyaratan
Fisik, yaitu kesehatan jasmani yang artinya seorang
guru harus berbadan sehat dan tidak memiliki penyakit menular yang
membahayakan
2. Persyaratan Psykis, yaitu sehat rohani yang artinya tidak mengalami gangguan jiwa.
3. Perssyaratan
Mental, yaitu memiliki sikap mental yang baik terhadap profesi
kependidikan, pengabdian serta memiliki dedikasi yang tinggi pada
tugas dan jabatannya
4. Persyaratan Moral, yaitu memiliki budi pekerti yang luhur dan memiliki sikap susila yang btinggi
5. Persyaratan
Intelektual, yaitu pengetaahuan dan keterampilan yang tinggi yang
diperoleh dari lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang
memberikan bekal guna menunaikan tugas dan kewajibannya sebagai
pendidik.
KARAKTERISTIK KEMAMPUAN GURU :
a. Memiliki Tanggung Jawab, antara lain :
1) Tanggung
Jawab Moral, yaitu setiap guru harus memiliki kemampuan
menghayati perilaku dan etika yang sesuai dengan moral Pancasaila
dan mengamalakaannya dalam kehidupan sehari-hari.
2) Tanggung
jawab Pendidikan di Sekolah, yaitu setiap guru harus menguasai cara
belajar-mengajar yang efektif, mampu membuat Satuan Pelajaran (SP),
mampu memahami kurikulum, dan mampu mengajar di kelas.
3) Tanggung
jawab Kemasyarakatan, yaitu turut serta menyukseskan pembangunan dalam
masayarakat, yaaitu guru mampu membimbing, mengabdi dan melayani
masyarakat.
4) Tanggung
Jawab Ke-Ilmuan, yaitu guru selaku ilmuan bertanggungjawab dan turut
serta memajukan ilmu yang menjadi spesialisasinya, dengan
melaksanakan penelitian dan pengembangan.
b. FUNGSI DAN PERAN GURU :
1) Guru
Sebagai Pendidik dan Pengajar, harus memiliki kestabilan emosional,
bersikap realistis, jujur dan terbuka, peka terhadap perkembangan,
terutama tentang inovasi pendidikan.
2) Guru
Sebagai Anggota Masyarakat, harus pandai bergaul dengan
masayarakat. Untuk itu guru harus menguasai Psikologi Sosial,
Keterampilan menyelesaaikan tugas bersama dalam kelompok.
3) Guru
Sebagai Pemimpin, Guru harus memilki kepribadian, menguasai Ilmu
Kepemimpinan, Teknik Komunikasi, dan menguasai berbagai aspek
kegiatan organisasi yang ada di sekolah.
4) Guru
Sebagai Pelaksana Administrasi, Berhubungan dengan Administrasi yang
harus di kerjakan di sekolah. Untuk itu tenaga kependidikan harus
memiliki kepribadian , jujur, teliti, rajin, menyimpan arsip dan
administrasi lainnya.
5) Guru
Sebagai Pengelola Kegiatan Belajar Mengajar, Harus menguasai
berbagai metode mengajar dan harus menguasai situasi belajar mengajar,
baik di dalam maupun di luar kelas.
KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR PRIBADI GURU:
1. Kemantapan
dan integrasi Pribadi. Seorang guru dituntut dapat bekerja secara
teratur, konsisten, dan kreatif dalam menyelesaikan pekerjaannya
sebagai guru. Oemar Hamaalik (19982:18) mengatakan bahwa :
“Kemantapan dalam bekerja hendaknya merupakan karakteristik
pribadainya, sehingga pola hidup seperti ini terhayati pula oleh siswa
sebagai pendidik. Kemantapan dan integritas pribadi ini tidak
terjadi dengan sendirinya, melainkan tumbuh melalui suatu proses belajar
yang sengaja diciptakan”. Kemantapan pribadi berpengaruh pada tugas,
demikian juga dengan kemantapan pribadi guru dalam proses belajar
mengajar yang diselenggaraaknnya. Kemanatapan dan integritas harus
dimiliki oleh setiap guru demi tercapainya tujuan pendidikan.
2. Peka
Terhadap Perubahan dan Pembaharuan. Guru harus peka terhadap apa yang
sedang berlangsung di nsekolah dan sekitarnya. Artinya apa yang
dilakukan di sekolah tetap konsisten dengan kebutuhan dan
tidak ketinggalan jaman. Sekolah sebagai Lembaga Pendidikan dapat
menambah atau mengurangi kurikulum pelajaran sesuai dengan
prinsip Manajemen Berbasis Sekolah dan desentralisasi serta otonomi
pendidikan yang berlaku saat ini.
3. Berpikir
Alternatif. Guru harus mampu berpikir kreatif dan berwawasan luas dalam
memecahkan masalah yang dihadapi di sekolah. Oleh karena itu seorang
guru dituntut mampu berpikir secara alternatif , berpandangan kedepan
dan berwawasan luas dalam menyelesaikan tugas dan
permasalahan yang terjadi di sekolah agar diperoleh ketenangan dan
aktivitas belajar mengajar berlangsung dengan tertib, aman,
menyenangkan dan harmonis.
4. Adil,
Jujur dan Objektif Adil artinya menempatkan sesuatu pada tempatnya.
Jujur berarti tulus ikhlas menjalanakan fungsinya saebagai
guru sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku. Objektif artinya menjalankan aturan dan kriteria yang telah ditetapkan tanpa pilih kasih.
5. Disiplin
dalam Melaksanakan Tugas. Disiplin muncul dari kebiasaan
hidup dan kehidupan yang teratur, serta mencintai dan menghargai
pekerjaannya, disiplin memerlukan propses pendidikan dan pelatihan nyang
memadai. Untuk itu maka guru memerlukan pemahaman tentang
landasan Ilmu Pendidikan dan Keguruan.
6. Ulet
dan Tekun Bekerja. Keuletan dan ketekuanan bekerja tanpa mengenal
lelah dan tanpa pamrih merupakan sifat yang perlu dimiliki
guru. Siswa akan memperoleh imbalan dari guru yang menampilkan
pribadi utuh, yang bekerja tanpa pamrih dan tanpa mengenal lelah.
Guru tidak mudah berputus asa. Guru harus ulet, dan tekun bekerja
sehingga program pendidikan yang telah ditetapkan dapat
berjalan dengan baik.
7. Berusaha
Memperoleh Hasil Kerja yang Baik. Dalam mencapai hasil kerja guru
diharapkan selalu meningkatkan kemamapuan diri, mencarai cara baru, agar
mutu pendidikan selalu meningkat, pengetaahuan umum yang dimilikinya
selalu bertambah dengan menambah bacaan di luar buku
pelajaran. Dengan adanya usaha untuk menambah pengetahuan, pemahaman dan
keterampilan, maka kemampuan guru akan bertambah pula
sehingga tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam proses belajar
mengajar.
8. Simpatik,
Menarik, Luwes, Bijaksana, dan Sederhana. Sifat Kemampuan Pribadi Guru
dalam Proses belajar Mengajar, memerlukan kematangan pribadi,
kedewasaan sosial, pengalaman hidup bermasyarakat, pengalaman belajar
yang memadai, khususnya pengalaman dalam praktek mengajar. Oleh karena
itu guru harus menguasai benar hal-hal yang berhubungan dengan
sifat Simpatik, Menarik, Luwes, Bijaksana, dan Sederhana seperti
disebutkan diatas.
9. Bersifat
Terbuka. Guru diharaapkan dapat menampung aspirasi berbagai pihak
sehingga sekolah dapat berfungsi sebagai agen pembanagunan dan
guru berperan sebagai pendukungnya. Guru juga dituntut
berusaha meningkatkan serta memperbaiki suasana kehidupan
sekolah berdasarkan kebutuhan dan tuntutan berbagai pihak. Dengan
demikian sifat terbuka akan dapat terwujud melalui proses belajar
mengajar yang demokratis.
10. Kreatif.
Guru kreatif maksudnya guru harus mampu melihat berbagai kemungkinan
yang menurut perkiraannya sama baik. Kreativitas berhubungan erat
dengan kecerdasan. Untuk mendapatkan kreativitas yang tinggi, guru harus
lebih banyak bertanya, belajar dan berdedikasi tinggi.
11. Berwibawa.
Seorang guru harus berwibawa. Dengan adanya kebwibawaan proses
belajar-mengajar akan dapat terlaksana dengan baik, siswa mematuhi
apa yang ditugaskan oleh guru.
TUGAS UTAMA GURU Depdikbud (1984:7) :
1. Tugas profesional
yaitu mendidik dalam rangka menyumbangkan kepribadian, mengajar dalam
rangka menyimbangkan kemampuan berpikir, kecerdasan dan melatih
dalam rangka membina keterampilan.
2. Tugas menusiawi,
yaitu membina anak didik dalam rangka meningkatkan danmengembangkan
martabat diri sendiri, kemampuan manusia yang optimal serta pribadi yang
mandiri.
3. Tugas kemasyarakatan, yaitu dalam rangka mengembangkan terbentuknya masyarakat Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
FUNGSI-FUNGSI GURU KDM :
1. Guru sebagai pengelola proses KBM.
Kelas merupakan suatu organisasi yang semestinya dikelola dengan baik,
mengacu pada fungsi-fungsi administrasi yang ada dan berlaku.
2. Guru sebagai moderator.
Menurut aliran baru dalam bidang pendidikan guru diharapkan bukan
sebagai penyampaian materi semata tetapi juga lebih sebagai moderator,
yaitu pengatur lalu lintas pembicaraan, jika ada jalur pembicaraan yang
tidak dapat di selesaikan oleh siswa-siswi, maka gurulah yang wajib
mendamaikan perselisihan tersebut.
3. Guru sebagai motivator.
Siswa adalah manusia yang di tempeli oleh sifat “memilih yang serba
enak” dari pada harus susah-susah. Jika guru tidak dapat memancing
kemauna siswa untuk aktif maka guru itu sendiri yang akan merasakan
kesulitan dalam proses pembelajaran kerena dapat ditebak bahwa siswa
akan pasif tanpa inisiatif.
4. Guru sebagai fasilitator.
Guru sebagai fasilitator memberikan kemudahan dan sarana kepada siswa
agar dapat aktif belajar sesuai dengan kemampuannya.
5. Guru sebagai evaluator.
Guru sebagai evaluator berperan setiap kegiatan selalu diikuti oleh
motivasi jika orang-orang yang terlibat dalam kegiatan menginginkan
terjadinya peningkatan atas kegiatan itu pada masa-masa yang akan
datang.
KEMAMPAUAN DASAR MENGAJAR GURU DITUNJUKKAN OLEH :
1. Menggunakan metode, media, bahan yang sesuai dengan tujuan mengajar.
2. Berkomunikasi dengan siswa.
3. Mendemonstrasikan khasanah metode mengajar.
4. Mendorong dan menggalakkan keterlibatan siswa dalam pengajaran.
5. Mendemonstrasikan penguasaan materi pelajaran dan relevansisnya.
6. Mengorganisasikan waktu, ruang dan perlengkapan pengajaran.
7. Melaksanakan evaluasi pencapaian siswa dalam proses belajar-mengajar.
INDIKATOR KEMAMPUAN GURU adalah :
1. Tingkat pendidikan (Ijazah pendidikan formal dan tambahan sertifikat penataran atau krusus-kursus lainnya),
2. Pengalaman belajar, dan
3. Keperibadian guru.
KEMAMPAUAN DASAR MENGAJAR GURU (Dirjen Dikti 1984:20);
1. Mampu Berkomunikasi dengan siswa.
2. Mampu Mendemonstrasikan metode mengajar.
3. Mampu Mendorong dan menggalakkan keterampilan siswa
4. Mampu Mendemonstrasikan penguasaan materi pelajaran dan relevansisnya.
5. Mampu Mengorganisasikan waktu, ruang, bahan dan perlengkapan pengajaran.
6. Mampu Melaksanakan evaluasi pencapaian belajar siswa dalam proses belajar-mengajar.
KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR GURU MELIPUTI :
1. Kemampuan Menggunakan Metode dan Media Pengajaran
2. Metode yang Digunakan Sesuai Dengan Tujuan Pengajaran
3. Metode yang Digunakan Sesuai Dengan Situasi Siswa
4. Metode yang Digunakan Disesuaikan Dengan Fasilitas
5. Kemampuan Berkomunikasi Dengan Siswa ditandai dengan :
1). Memperhatikan situasi dan kondisi siswa
2). Memperhatikan kepentingan dan keinginan siswa.
3). Tidak memisahkan diri dari siswa.
4). Tidak menganggap siswa lebih rendah.
5). Melakukan pembicaraan sepenuhnya.
6). Melakukan kontak batin.
6. Kemampuan Menggunakan Metode Mengajar
1. Selalu berorientai pada tujuan
2. Tidak hanya terikat pada satu alternatif saja
3. Kkerap dipergunakan satu kombinasi dari berbagai metode
4. Juga kerap kali dipergunakan berganti-ganti dari satu metode ke metode lainnya.
GURU MEMILIH DAN MENGGUNAKAN METODE YANG TEPAT/COCOK Sofyan Aman (1982;16):
1. Metode tanya jawab
2. Metode diskusi
3. Metode karyawisata
4. Metode inkuiri
5. Metode pemecahan masalah
6. Metode ceramah bervariasi
7. Metode simulasi
8. Metode permainan (game)
9. Metode bermain peran (role playing)
Kemampuan Melibatkan Siswa dalam Pembelajaran.
1. Pemberitahuan tujuan pengajaran yang akan di capai.
2. pengajak atau mengundang siswa untuk mengungkapkan pengalamannya.
3. Mengundang siswa untuk bertanya.
4. Memberikan penguatan seperti memberikan oujian, penghargaan dan lain-lain.
7. Kemampuan Menguasai Materi Pelajaran
8. Kemampuan Mengatur Waktu, Ruang dan Bahan Pengajaran.
9. Kemampuan Melaksanakan Evaluasi Belajar
1) Garis-garis besar program pengajaran. (GBPP)
2) Sejauh mana materi palajaran yang telah di sampaikan.
3) Waktu yang tepat untuk melaksanakan evaluasi.
4) Tingkat kesukaran materi evaluasi.
5) Fasilitas belajar yang di perlukan.
6) Prinsip-prinsip evaluasi dan sebagainya.
Ciri-Ciri KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR
- Memperhatikan integritas pribadinya.
- memahami konsep-konsep dasar keilmuan untuk berpikir ilmiah dan bersikap profesional.
- memahami murid dengan prilaku yang simpatik.
- memahami hakekat dan penyelengaraan pendidikan.
- memahami proses pengembangan kurikulum.
- menguasai bahan atau materi pelajaran.
- merancang proses belajar mengajar
- melaksanakan peranannya dalam bimbingan dan penyuluhan.
- menyelengarakan administarsi sekolah.
- memanfaatkan kondisi lingkungan sekolah muatan lokal demi kelangsungan proses belajar mengajar.
- mengadakan penelitian sederhana.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN BELAJAR
a. Faktor Fisik.
b. Faktor Psikis
c. Faktor Lingkungan Tempat Tinggal
d. Faktor Bahan/Materi Pelajaran
DASAR MENGAJAR YANG DITUNTUT DARI SEORANG GURU
a. Mampu manjabarkan bahan pengajaran dalam berbagai bentuk,
b. Mampu merumuskan Tujuan Intruksional kognitif tingkat tinggi seperti analisis, sistensis, evaluasi, dan aplikasi.
c. Menguasai cara-cara belajar yang efektif
d. Memiliki sikap yang positif terhadap tugas profesionalnya
e. Terampil membuat alat peraga sesuai dengan kebutuhan pelajaran yang diasuhnya.
f. Terampil menggunakan metode-metode mengajar
g. Terampil menggunakan model mengajar yang menumbuhkan CBSA sehinga di peroleh hasil belajar yang optimal.
h. Terampil melakukan intraksi
i. Memahami sifat dan karateristik siswa
j. Terampil menggunakan sumber-sumber belajar
k. Terampil mengelola kelas atau memimpin siswa belajar.
KINERJA GURU
Guru
adalah kondisi yang diposisikan sebagai garda terdepan dan posisi
sentral di dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Berkaitan dengan itu,
maka guru akan menjadi bahan pembicaraan banyak orang, dan tentunya
tidak lain berkaitan dengan kinerja dan totalitas dedikasi dan loyalitas
pengabdiannya.
Sorotan
tersebut lebih bermuara kepada ketidakmampuan guru didalam pelaksanaan
proses pembelajaran, sehingga bermuara kepada menurunnya mutu
pendidikan. Kalaupun sorotan itu lebih mengarah kepada sisi-sisi
kelemahan pada guru, hal itu tidak sepenuhnya dibebankan kepada guru,
dan mungkin ada system yang berlaku, baik sengaja ataupun tidak akan
berpengaruh terhadap permasalahan tadi.
Banyak
hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan kita, bagaimana kinerja guru
akan berdampak kepada pendidikan bermutu. Kita melihat sisi lemah dari
system pendidikan nasional kita, dengan gonta ganti kurikulum
pendidikan, maka secara langsung atau tidak akan berdampak kepada guru
itu sendiri. Sehingga perubahan kurikulum dapat menjadi beban psikologis
bagi guru, dan mungkin juga akan dapat membuat guru frustasi akibat
perubahan tersebut. Hal ini sangat dirasakan oleh guru yang memiliki kemampuan minimal, dan tidak demikian halnya guru professional.
Selain
itu, kinerja guru juga sangat ditentukan oleh output atau keluaran dari
Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), sebagai institusi
penghasil tenaga guru, LPTK juga memiliki tanggungjawab dalam
menciptakan guru berkualitas, dan tentunya suatu ketika berdampak kepada
pembentukan SDM berkualitas pula. Oleh sebab itu LPTK juga memiliki
andil besar di dalam mempersiapkan guru seperti yang disebutkan diatas,
berkualitas, berwawasan serta mampu membentuk SDM mandiri, cerdas,
bertanggungjawab dan berkepribadian.
Harapan
ke depan, terbentuk sinergi baru dalam lingkungan persekolahan, dan
perlu menjadi perhatian adalah terjalinnnya kinerja yang efektif dan
efisien disetiap struktur yang ada dipersekolahan. Kinerja terbentuk
bilamana masing-masing struktur memiliki tanggungjawab dan memahami akan
tugas dan kewajiban masing-masing.
Era
reformasi dan desentralisasi pendidikan menyebabkan orang bebas
melakukan kritik, titik lemah pendidikan akan menjadi bahan dan sasaran
empuk bagi para kritikus, adakalanya kritik yang diberikan dapat menjadi
sitawar sidingin di dalam memperbaiki kinerja guru. Akan tetapi tidak
tertutup kemungkinan pula akan dapat membuat merah telinga guru sebagai
akibat dari kritik yang diberikan, hal ini dapat memberikan dampak
terhadap kinerja guru yang bersangkutan.
Apapun
kritik yang diberikan, apakah bernilai positif atau negative kiranya
akan menjadi masukan yang sangat berarti bagi kenerja guru. Guru yang
baik tidak akan pernah putus asa, dan menjadi kritikan sebagai pemicu
baginya di dalam melakukan perbaikan dan pembenahan diri di masa yang
akan datang. Kritik terhadap kinerja guru perlu dilakukan, tanpa itu
bagaimana guru mengetahui kinerja yang sudah dilakukannya selama ini,
dengan demikian akan menjadi bahan renungan bagi guru untuk perbaikan
lebihlanjut.
Indikator
suatu bangsa sangat ditentukan oleh tingkat sumber daya manusianya, dan
indicator sumber daya manusia ditentukan oleh tingkat pendidikan
masyarakatnya. Semakin tinggi sumber daya manusianya, maka semakin baik
tingkat pendidikannya, dan demikian pula sebaliknya. Oleh sebab itu
indicator tersebut sangat ditentukan oleh kinerja guru.
Bila
kita amati di lapangan, bahwa guru sudah menunjukan kinerja maksimal di
dalam menjalan tugas dan fungsinya sebagai pendidik, pengajar dan
pelatih. Akan tetapi barangkali masih ada sebagian guru yang belum
menunjukkan kinerja baik, tentunya secara akan berpengaruh terhadap
kinerja guru secara makro.
Ukuran
kinerja guru terlihat dari rasa tanggungjawabnya menjalankan amanah,
profesi yang diembannya, rasa tanggungjawab moral dipundaknya. Semua itu
akan terlihat kepada kepatuhan dan loyalitasnya di dalam menjalankan
tugas keguruannya di dalam kelas dan tugas kependidikannya di luar
kelas. Sikap ini akan dibarengi pula dengan rasa tanggungjawabnya
mempersiapkan segala perlengkapan pengajaran sebelum melaksanakan proses
pembelajaran. Selain itu, guru juga sudah mempertimbangkan akan
metodologi yang akan digunakan, termasuk alat media pendidikan yang akan
dipakai, serta alat penilaian apa yang digunakan di dalam pelaksanaan
evaluasi.
Kinerja
guru dari hari kehari, minggu ke minggu dan tahun ke tahun terus
ditingkatkan. Guru punya komitmen untuk terus dan terus belajar, tanpa
itu maka guru akan kerdil dalam ilmu pengetahuan, akan tetap tertinggal
akan akselerasi zaman yang semakin tidak menentu. Apalagi pada kondisi kini kita dihadapkan pada era global, semua serba cepat, serba dinamis, dan serba kompetitif.
Kinerja
guru akan menjadi optimal, bilamana diintegrasikan dengan komponen
persekolahan, apakah itu kepala sekolah, guru, karyawan maupun anak
didik. Kinerja guru akan bermakna bila dibarengi dengan nawaitu yang
bersih dan ikhlas, serta selalu menyadari akan kekurangan yang ada pada
dirinya, dan berupaya untuk dapat meningkatkan atas kekurangan tersebut
sebagai upaya untuk meningkatkan kearah yang lebih baik. Kinerja yang
dilakukan hari ini akan lebih baik dari kinerja hari kemarin, dan
tentunya kinerja masa depan lebih baik dari kinerja hari ini. Semoga.