Pembalajaran
kerja kelompok merupakan salah satu metode belajar dengan cara
berkelompok-kelompok untuk menyelesaikan suatu tugas yang dirasa perlu
dikerjakan secara bersama-sama.
Pembelajaran
kerja kelompok sangat berpengaruh dalam memotifasi belajar bagi para
peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran. Dikatakan sedemikian, karena disebabkan Para siswa akan lebih terpacu
untuk mencari hal-hal yang belum mereka ketahui dengan cara berdiskusi
dengan para satuan kelompok mereka.
Pembelajaran
kerja kelompok mengandung pengertian bahwa para siswa dilatih membentuk
suatu kepribadian kesatuan serta kebersamaan, karena dengan cara
seperti ini siswa yang kemampuannya kurang pandai dapat bekerja sama
saling tukar pengetahuan dengan siswa yang lebih pandai.
Penerapan Pembelajaran Kerja Kelompok
Pengkelompokan dapat dilakukan oleh anak didik sendiri, namun biasanya dalam pemilihan kelompok seperti ini didasarkan atas pemilihan teman yang lebih dekat atau lebih initm.
Pengkelompokan
dapat pula dilakukan oleh guru atas pertimbangan-pertimbangan,
diantaranya untuk membedakan anak didik yang cerdas , normal, dan lemah.
Akan tetapi untuk pengkelompokan seperti ini tugas seorang guru sebagai
pembimbing akan tersa lebih berat, karena harus secara cermat
memperhatikan anak didik yang lemah agar jangan sampai terlalu
dirugikan. Sedangkan bagi yang cerdas jangan ada annggapan bahwa dengan
adanya kelompok tidak memberi manfaat baginya. Maka dalam hal ini guru
harus memberikan tugas kepada yang lebih cerdas untuk membantu
rekan-rekannya yang dibawahnya (lemah).
Guru
dalam menentukan katagori anak yang cerdas dan yang lemah tidak hanya
melihat dari nilai yang ada dalam rapor atau hasil tugas sehari-hari,
tetapi harus dilihat juga dari kepribadian anak didik yang bersangkutan.
Menurut teori crow and crow ciri-ciri anak yang superior (hebat) adalah :
- Observasinya tajam, cepat dan jelas dalam mengatasi pelajaran.
- Cepat memberikan jawaban apabila menerima pertanyaan.
- Pemahamannya baik dan teratur.
- Pemikirannya terang dan logis.
Ciri-ciri anak yang lamban adalah :
- Perhatiannya kurang dan jangkauan pikirannya pendek.
- Interesnya sempit.
- Mempunyai kesukaran-kesukaran dalam memusatkan perhatian.
Kelebihan Dan Kekurangan Pembelajaran Kerja Kelompok
Terdapat
beberapa kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran kerja
kelompok, hal ini disebabkan tiap-tiap individu peserta didik
berbeda-beda dalam pengetahuannya maupun kepribadiannya, Berikut
beberapa kelebihan serta kekurangannya :
KELEBIHAN :
- Memacu motivasi siswa untuk aktif belajar.
- Menciptakan rasa kebersamaan serta bekerja sama.
- Menanamkan solidaritas antar teman dalam kelompok.
- Memudahkan meleksanakan tugas dari guru.
- Menanamkan pentingnya musyawarah dalam memecahkan suatu masalah.
KEKURANGAN :
- Siswa yang mempunyai pengetahuan lemah akan diremehakan oleh yang lebih pandai.
- Membosankan bagi siswa pandai yang merasa rekan sekelompok tidak memberi kemanfaatan baginya.
- Rasa malas kerena jauh dari pantauan guru.
No comments:
Post a Comment