icon

icon
Selamat Datang Di blog Aku .

Wednesday 12 October 2011

pengalaman kerja sambil kuliah

Saat ini banyak juga Mahasiswa yang kuliah sambil kerja ,namun saya merasakan sendiri akibat dari kuliah sambil kerja..." ip menurun , kondisi fisik drastis turun ' sampai-sampai masuk rumah sakit , pokoknya bakalan ga fokus kuliahnya dan malah bakal berantakan”

Alasan utama kenapa mahasiswa ingin sambil kerja biasanya :
1. Ingin Mandiri dan tidak bergantung pada orang tua.
2. Cari pengalaman.
3. Melampiaskan hobi dan potensi diri.


dari alasan diatas , maka saya putus kan untuk kerja sambil kuliah

pada tahun 2008  saya lulus dari SMA 1 kumai (pangkalan bun). kemudian saya memutus kan masuk di universitas palangka raya dengan mengambil jurusan FKIP dan mengambil jurusan pendidikan matematika.
hari demi hari saya lewati kuliah sambil ikut organisasi. namun hati saya sangat merasa masih sangat kosong.
aktivitas di organisasi yang hanya buang2 waktu. kemudian saya memutuskan untuk bekerja sambil kuliah.
kebetulan keluarga saya punya wira usaha usaha yang cukup terkenal produk nya yaitu krupuk amplang tenggiri asli kampung kumai. saya coba minta 2 box amplang supaya dikirim dari kumai (pangkalan bun) ke palangka raya. saya pun memulai kerja ini sebagai sales amplang , dengan menawarkan ke toko-toko di semua wilayah kota palangka raya. alhamdulillah kerja sebagai sales tidak di kejar-kerjar waktu, jadi kuliah lancar dan kerja juga lancar. setelah kerja selama 1 semester sebagai sales amplang, yang hasil nya pas lah buat belanja sehari-hari .
kemudian ada tawaran dari teman untuk kerja di warnet sebagai operator. hmm, saya pikir lumayan nih ganti profesi dan cari pengalaman jadi operator warnet. akhirnya saya mencoba mengajukan berkas lamaran ke warnet tersebut, dan ternyata saya di terima dan menjalani training selama 1 minggu . hari demi hari saya jadi sibuk, pagi sampai siang kuliah dan jam 9 malam harus jaga warnet sampe jam 5 pagi. sekarang saya merasa kehidupan berubah , yang mana siang terasa malam dan malam terasa siang. setelah satu bulan saya lewati ' dimana tanggal 1 adalah hari semua pegawai menerima gajih.. saya pun sangat senang , karena itu lah hasil kerja yang sangat memuas kan dengan mendapat kan 600 rb + 300 rb dengan uang makan. dengan penghasilan 1 bulan hampir 1 juta, hati saya mulai ragu-ragu dalam menjalani kuliah yang hanya menghabis-habis kan uang saja. bersambung

Selama 6 Bulan bekerja, saya dipercaya oleh pimpinan menjadi pengawas dan teknisi warnet dengan kenaikan gajih 800 rb + uang makan dan bensin dengan total 1 juta lebih..
kerja sebagai teknisi pun berlalu hingga 6 bulan .
puncak dari cerita ku diwarnet berakhir ketika sudah 1 tahun,
disuatu malam aku digigit nyamuk yang benar-benar beda rasa sakit nya dengan nyamuk biasa.
kepala ku terasa pusing, suhu badan panas tapi terasa menggigil kedinginan, dan siang terasa panas padahal suhu badan ku dingin sekali...
hari pertama ku lewati , gak bisa kuliah, gak bisa kerja, hanya dengan diam dikos an... berselimut seperti mayat, namun hanya kekasih ku yang bisa mengurus ku,
setelah 3 hari aku sembuh , kerja dan kuliah ku coba untuk jalani...namun tiba-tiba saat diperjalanan pulang kuliah sore itu menuju warnet logos  sambil mengendarai motor, kepala ku sangat pusing dan langsung terasa dingin , sampai diwarnet pun aku hanya tiduran di ruangan khusus untuk istirahat.
malam hari nya aku kepanasan hingga baju dan seluruh badan ku basah karena keringat.
ke esokan pagi harinya aku memutuskan untuk ke puskesmas bersama kekasih ku.
dokter puskesmas terkejut ketika melihat tanda bintik bercak merah dibadan ku, dan langsung mengatakan tidak bisa kami tangani, kamu harus cepat kerumah sakit.. kami pun langsung ke rumah sakit Doris Silvanus Palangka raya, namun karena darurat panas yang ku rasa kan, ku memilih masuk UGD, diruangan itu aku diperiksa dan di katakan terkena malaria, kemudian dikasih obat oleh perawat . Namun ternyata obat itu hanya bisa membuat panas ku hilang sampai sore hari, Bahkan panas badan ku terasa dibakar .

aku bersama teman satu kos  pun pergi lagi kerumah sakit dan mengantri untuk diperiksa dokter umum..setelah giliran ku, diperiksa dokter' dokter bilang aku kena DBD, dan disuruh cek darah untuk memastikan positif atau tidak nya DBD. ketika itu teman ku sudah pulang dan aku berjalan kaki menuju apotek sendiri untuk cek darah yang jarak nya hampir 1 km dari rumah sakit.

ketika sampai di apotek mata ku terasa gelap dan mulai g bisa jaga keseimbangan, dengan pelan-pelan aku meminta dengan perawat di apotek untuk dicek darah, aku yang penakut dengan jarum suntik sudah pasrah ketika jarum nya ditusuk ke tangan kiri ku dan di sedot darah nya ....waw...sakit banget!
selama 15 menit pun hasil cek darah selesai dan hasil nya positif DBD...

Aku jalan lagi kerumah sakit dan memperlihatkan ke dokter hasil cek darah nya.
saat itu pun aku ditahan dan di suruh rawat inap sampai sembuh.

aku sendirian, gak ada orang tua, kekasih dan teman ku... berjalan kaki menuju kamar untuk aku dirawat inap sendiri... dengan posisi seperti orang mabuk yang g bisa lagi tegak.
ketika sampai di kamar rawat inap, aku disuruh langsung berbaring di tempat tidur yang diruangan itu banyak sekali orang tua, yang tertidur dengan  terpasang  infus ditangan...
aku pun makin panik, pasti di infus, padahal aku gak pernah di infus selama hidup..


singkat cerita, malam hari aku dijenguk kekasihku, kemudian subuh pun orang tua ku datang ke palangkaraya. ..ke esokan harinya  teman-teman akrab ku kuliah dan satu wilayah kos, bahkan organinasi KAMMI..Asisten Bos Warnet Logos pun datang menjenguk aku.
Dengan memberi semangat untuk cepat sembuh.

selama 1 minggu aku dirawat inap dirumah sakit

Setelah sembuh aku mulai masuk kerja dan kuliah,
namun hari pertama ku kerja di warnet setelah sembuh sangat kacau ,
2 warnet yang jarak nya lumayan jauh eror dan kacau...ku coba selesaikan warnet 1 demi 1..selesai, terus ada lagi warnet di logos 3 kerusakan AC, yang mana aku gak tau cara perbaiki nya...Bos ku marah, dan menyalah kan aku, bahkan kerusakan yang beruntun semua disalah kan aku!

dengan sabar aku minta izin untuk pulang istrahat, dan malam itu juga aku mengundurkan diri jadi teknisi, Banyak teman kerja, Asisten Bos, bahkan Istri Bos melarang aku berhenti.. Namun karena aku merasa sudah gak bisa lagi bertahan di WARNET LOGOS, dan cerit ku di Warnet Berakhir...

Setelah pembagian Nilai UAS semester 3, banyak sekali mata kuliah ku yang tidak lulus...
dari 7 mata kuliah. .. 4 yang tidak lulus dengan IP 1,3 ( paling rendah)

aku habis-habisan dimarahi Dosen pembimbing akademik,

dan aku berusaha untuk perbaiki nilai kuliah ku.



No comments:

Post a Comment